Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bunyi
Main Author: | SUNANDAR SUPAK |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421409076/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-berorientasi-pakem-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-materi-bunyi.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sunandar Supak, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bunyi (Suatu Penelitian Eksperimen Di SMP Negeri 2 Telaga).Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi PAKEM dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Di SMP Negeri 2 Telaga yang terdiri dari 7 kelas. Kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII Tata Niaga I sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII Tata Niaga II sebagai kelas control yang ditentukan secara purposive sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan intrumen berupa tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen maupun kelas control masing-masing atau satu kali yaitu posttest. Data hasil penelitian diolah secara statistik untuk menguji normalitasnya dengan menggunakan rumus chi kuadrat dan diperoleh nilai < yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 7,314 < 9,49 dan untuk kelas kontrol sebesar 4,178 < 9,49. Hal ini berarti bahwa data untuk kedua kelas tersebut terdistribusi normal. Berdasarkan pengujian normalitas data, maka skor rata-rata hasil belajar siswa dihitung dengan statistic uji t, hasil pengujian hipotesis diperoleh > yakni 2,45 > 2,02, dengan kata lain menolak H0 dan menerima H1. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi PAKEM dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Kata Kunci : Kooperatif, STAD, PAKEM, Hasil Belajar Siswa.