Deskripsi keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL-1 Jurusan Fisika Universitas Negeri Gorontalo
Main Author: | SRI NUNUNG |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421409075/deskripsi-keterampilan-dasar-mengajar-mahasiswa-ppl-1-jurusan-fisika-universitas-negeri-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Sri Nunung,2013 : Deskripsi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPL -1 Jurusan Fisika Universitas Negeri Gorontalo, Skripsi. Program studi S1 Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing :1) Dr.Fitryane Lihawa, M.Si dan pembimbing 2) Citron S Payu S.Pd,M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo, pada mahasiswa Fisika Angkatan 2010-2011 yang memprogramkan mata kuliah PPL-1, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan dasar mengajar mahasiswa fisika pada PPL 1, penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan.Sampel dari penelitian ini diambil dengan cara pembagian kelompok masing-masing bimbingan PPL-1 yang tebagi atas 5 kelompok dengan 30 mahasiswa yang memprogram PPL 1. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dari pedoman PPL 1. Hasilnya menunjukan penguasaan keterampilan mahasiswa yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran memiliki skor sangat baik 73%, keterampilan bertanya memiiliki skor sangat baik 67%, keterampilan menjelaskan memiliki skor tertinggi sangat baik 53% Keterampilan melakukan variasi memiliki skor sangat baik 73%, keterampilan memberi penguatan memiliki skor sangat baik 67%,keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil memiliki skor tertinggi cukup 80%,keterampilan mengelolah kelas memiliki skor sangat baik 50%. keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan pencapaian skor tertinggi kategori cukup 60%. Kata kunci: Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPL-1