PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGOTHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MA MUHAMMADIYAH KOTA GORONTALO

Main Author: JURNIATI PAKA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
Ma
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421409061/pengaruh-penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-head-togother-terhadap-hasil-belajar-siswa-di-ma-muhammadiyah-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Jurniati paka. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi konsep gerak dan gaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif. Metode Penelitian adalah Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MA Muhamadiah Kota Gorontalo, Tahun Ajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa 34 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Hasil penelitian diperoleh dari hasil belajar siswa melalui hasil posttest yaitu dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen mencapai 50.79 dan kelas control mencapai 36.41. Uji hipotesis menggunakan uji t yaitu sebesar t = 10.355 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dengan yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci:, Numbered Head Together , Hasil Belajar.