Deskripsi Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan PAKEM pada Pembelajaran Sains Materi Bunyi (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo)
Main Author: | LISNAWATI TAUHID |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421409031/deskripsi-aktivitas-dan-hasil-belajar-siswa-melalui-pendekatan-pakem-pada-pembelajaran-sains-materi-bunyi-suatu-penelitian-pada-siswa-kelas-viii-smp-negeri-5-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Lisnawati Tauhid. Deskripsi Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan PAKEM pada Pembelajaran Sains Materi Bunyi (Suatu Penelitian di SMP Negeri 5 Gorontalo). Skripsi.Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan PAKEM pada pembelajaran sains materi bunyi di SMP Negeri 5 Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi ini diambil 1 kelas sebagai sampel, kemudian diterapkan pendekatan PAKEM. Kelas VIIIC terpilih sebagai kelas untuk diamati yang diajar dengan menggunakan Pendekatan PAKEM. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, di sisi lain kualitas pembelajaran khususnya pada materi bunyi dapat meningkat. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu siswa yang tuntas sebanyak 93,33%. Pengamatan kegiatan guru dan siswa dari pertemuan I sampai pertemuan III semakin meningkat dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas guru maupun siswa. Dimana semakin tinggi aktivitas siswa dalam pembelajaran maka semakin tinggi hasil belajar siswa. Kata kunci: Aktivitas siswa, Pendekatan PAKEM, Bunyi dan Hasil belajar