PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERPINDAHAN KALOR

Main Author: RUDINI LAOH
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421409006/pengaruh-penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair-share-terhadap-hasil-belajar-siswa-pokok-bahasan-perpindahan-kalor.html
Daftar Isi:
  • RUDINI LAOH. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Perpindahan Kalor (Suatu Penelitian di SMA negeri 4 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2013/2014. Dasar penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran FisikaTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakna model Think-Pair-Share dengan siswa yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional pada materi perpindahan kalor pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasinya seluruh siswa SMA Negeri 4 Gorontalo dan populasi ini ditetapkan kelas X sebagai sampel, yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Penulis bermaksud menguji hipotesis : "Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor yang diajarkan dengan menggunakan metode Think-Pair-Share dengan yang diajarkan menggunkaan pembelajaran konvensional pada kelas X di SMA", dengan menggunakan statistik uji t. Kriteria pengujian adalah : t > t atau 2.650 > 2.004. Dengan kata lain menerima H dan menolak H artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang memnggunakan model Think-pair-share dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, didapat bahwa penggunaan metode think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor sehingga layak untuk digunakan pada pembelajaran fisika nantinya. kata kunci : Think-Pair-Share,Hasil Belajar