UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA UNIT SUHU DAN KALOR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Main Author: | MARSI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421408045/upaya-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-unit-suhu-dan-kalor-dengan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Marsi. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Unit Suhu dan Kalor dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMKN 1 Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui "Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada unit suhu dan kalor di SMKN 1 Gorontalo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap yang pelaksanaannya dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan. Pertemuan 1 diberikan materi suhu, pertemuan 2 diberikan materi kalor. Selain itu, kegiatan guru dan kegiatan siswa dikumpulkan melalui lembar pengamatan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa dari 33 siswa yang dikenai tindakan ada 29 orang atau 87,87% memperoleh nilai 70 keatas, sedangkan 4 orang atau 12,12% lainnya memperoleh nilai kurang dari 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada unit suhu dan di SMKN 1 Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Suhu dan Kalor