PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TILAMUTA KELAS X PADA MATA PELAJARAN FISIKA TOPIK LISTRIK DINAMIS (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 1 Tilamuta)
Main Author: | ERNIATI B. ADAM |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421408016/pengaruh-penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-terhadap-hasil-belajar-siswa-sma-negeri-1-tilamuta-kelas-x-pada-mata-pelajaran-fisika-topik-listrik-dinamissuatu-penelitian-di-sma-negeri-1-tilamuta.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Erniati B. Adam. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif. Metode Penelitian adalah Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tilamuta, Tahun Ajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa 24 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Hasil penelitian diperoleh dari hasil belajar siswa melalui hasil posttest yaitu dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen mencapai 50.79 dan kelas control mencapai 36.41. Uji hipotesis menggunakan uji t yaitu sebesar t = 6.36 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Jigsaw, Cooperatif Learning, Hasil Belajar.