Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 1 Talaga Jaya
Main Author: | ANNISA VIDYA UTAMI YUNUS |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411413079/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-group-investigation-terhadap-hasil-belajar-matematika-di-kelas-viii-smp-negeri-1-talaga-jaya.html |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi hasil belajar matematika dari siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe group investigation dan model pembalajaran langsung pada materi kubus dan balok. Metode penelitian adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VIII semester genap tahun ajaran 2016/2017. Rancangan penelitian adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Talaga Jaya. Sampel penelitian adalah kelas VIII C yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas VIII B yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitin adalah tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dari model pembelajaran langsung.. Ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih unggul dalam membelajarkan materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Talaga Jaya.