MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN UKURAN PEMUSATAN DEIKELAS XII AK 1
Main Author: | NURHAYATI RIZKI HASAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411412140/meningkatkan-kemampuan-komunikasi-matematis-melalui-model-project-based-learning-pada-pokok-bahasan-ukuran-pemusatan-deikelas-xii-ak-1.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nurhayati Rizki Hasan. Nim 411 412 140. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Model Project Based Learning Pada Pokok Bahasan Ukuran Pemusatan Di Kelas XII AK 1 (Suatu Penelitian Yang Dilaksanakan Di SMK Negeri 4 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing : (1)Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2)Dra. Lailany Yahya, M.Si Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis melalui model project based learning pada pokok bahasan ukuran pemusatan di SMK Negeri 4 Gorontalo. Hasil tes awal kemampuan komunikasi matematis dikelas XII Akuntansi 1 rata-rata untuk tiap indikator tergolong rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil observasi kegiatan guru mencapai 71.43%, observasi aktivitas siswa mencapai 68.52% sedangkan hasil tes kemampuan Komunikasi Matematis matematika siswa mencapai 13.33%. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 98.30%, observasi aktivitas siswa mencapai 98.58% sedangkan hasil tes kemampuan Komunikasi Matematis matematika siswa mencapai 86.67%. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran telah berhasil karena siswa sudah mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Project Based Learning, Materi Median