Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 8 Kota Gorontalo(Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok)

Main Author: CHAIRUNNISA DAUD
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Smp
8
Dan
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411412136/pengaruh-model-quantum-learning-terhadap-kemampuan-komunikasi-matematis-siswa-smp-negeri-8-kota-gorontalopenelitian-eksperimen-pada-siswa-kelas-viii-pada-materi-kubus-dan-balok.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Chairunnisa Daud, NIM. 411412136. Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP NEGERI 8 KOTA GORONTALO (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Pembimbing : (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si Komunikasi dalam suatu pembelajaran matematika sangat diperlukan untuk mencapai hasil dari proses pembelajaran, akan tetapi komunikasi matematis siswa belum berkembang dalam proses pembelajaran, sehingga komunikasi matematis siswa masih terbilang minim atau rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Quantum Learning dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posstest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2015/2016 dan sample penelitian di ambil 2 kelas dengan cara tehnik simple random sampling. Dari hasil analisis data diperoleh thitung = 6,37 dan nilai ttabel = 2,80 atau thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Quantum Learning di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo pada materi kubus dan balok lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo pada materi kubus dan balok. Kata Kunci : Model Quantum Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, kubus dan balok.