Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus balok

Main Author: SITI RAHMAWATI LAMAKE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Dan
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411412092/pengaruh-pendekatan-pembelajaran-matematika-realistik-terhadap-kemampuan-pemecahan-masalah-matematika-siswa-pada-pokok-bahasan-luas-permukaan-dan-volume-kubus-balok.html
ctrlnum ai:ung-411412092-6
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus balok</title><creator>SITI RAHMAWATI LAMAKE</creator><subject>Pengaruh, Pendekatan, Pembelajaran, Matematika, Realistik, Terhadap, Kemampuan, Pemecahan, Masalah, Matematika, Siswa, Pada, Pokok, Bahasan, Luas, Permukaan, Dan, Volume, Kubus, Balok</subject><description>ABSTRAK Siti Rahmawati Lamake, NIM 411 412 092" Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo ". (Suatu Penelitian Eksperimen Kelas VIII Pada Sub Materi kubus dan balok). Skripsi, Gorontalo, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Konvensional pada materi Kubus Balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 10 Kota Gorontalo kelas VIII pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kemampuan pemecahan matematika siswa yang dibuat sendiri oleh peneliti dalam bentuk tes essay. Instrument ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional pada materi kubus balok Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Reaistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata kunci : Kemampuan pemecahan masalah Matematika Siswa, Pendekatan Pembelajan Matematika Realistik, Pembelajaran Konvensional.</description><publisher>Universitas Negeri Gorontalo</publisher><date>2016-08-31</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411412092/pengaruh-pendekatan-pembelajaran-matematika-realistik-terhadap-kemampuan-pemecahan-masalah-matematika-siswa-pada-pokok-bahasan-luas-permukaan-dan-volume-kubus-balok.html</identifier><right/><recordID>ai:ung-411412092-6</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
author SITI RAHMAWATI LAMAKE
title Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus balok
publisher Universitas Negeri Gorontalo
publishDate 2016
topic Pengaruh
Pendekatan
Pembelajaran
Matematika
Realistik
Terhadap
Kemampuan
Pemecahan
Masalah
Siswa
Pada
Pokok
Bahasan
Luas
Permukaan
Dan
Volume
Kubus
Balok
url http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411412092/pengaruh-pendekatan-pembelajaran-matematika-realistik-terhadap-kemampuan-pemecahan-masalah-matematika-siswa-pada-pokok-bahasan-luas-permukaan-dan-volume-kubus-balok.html
contents ABSTRAK Siti Rahmawati Lamake, NIM 411 412 092" Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo ". (Suatu Penelitian Eksperimen Kelas VIII Pada Sub Materi kubus dan balok). Skripsi, Gorontalo, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Konvensional pada materi Kubus Balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 10 Kota Gorontalo kelas VIII pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kemampuan pemecahan matematika siswa yang dibuat sendiri oleh peneliti dalam bentuk tes essay. Instrument ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional pada materi kubus balok Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Reaistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata kunci : Kemampuan pemecahan masalah Matematika Siswa, Pendekatan Pembelajan Matematika Realistik, Pembelajaran Konvensional.
id IOS4521.ai:ung-411412092-6
institution Universitas Negeri Gorontalo
institution_id 373
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo
library_id 307
collection Karya Ilmiah UNG
repository_id 4521
subject_area General Publications/Terbitan Berseri, Berkala Umum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika
city GORONTALO
province GORONTALO
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4521
first_indexed 2019-08-01T01:32:32Z
last_indexed 2019-08-01T01:32:32Z
recordtype dc
_version_ 1640650551026778112
score 17.538404