Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok

Main Author: WIRTA AHMAD
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Dan
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411412069/deskripsi-kemampuan-pemecahan-masalah-matematika-siswa-pada-materi-kubus-dan-balok.html
Daftar Isi:
  • Wirta Ahmad 2016 ""Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Kubus dan Balok". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. H. Ismail Djakaria, M.Si (2) Drs Franky Alfrits Oroh, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada tahun akademik 2015/2016. Untuk menjaring informasi yang lebih mendalam tentang kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dipilih 6 orang sebagai subjek penelitian yang dapat dikelompokkan menjadi 2 orang kelompok tinggi, 2 orang kelompok sedang, dan 2 orang kelompok rendah berdasarkan skor yang diperoleh. Dengan mengacu pada pedoman wawancara dan hasil pekerjaan subjek, keenam subjek tersebut diinterview untuk menjaring informasi yang mendalam tentang kemampuan pemecahan masalah . Untuk melihat kemampuan pemecahan masalah, digunakan empat indikator sebagai instrumen penelitian yaitu : (1) Mampu memahami masalah, (2) Mampu merencanakan masalah, (3) Mampu menyelesaikan masalah (4) Mampu membuat kesimpulan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok masih tergolong sedang pada materi kubus karena dari keempat indikator siswa hanya mampu memenuhi sebagian indikator kemampuan pemecahan masalah. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami konsepkonsep yang digunakan dalam menyelesaikan soal serta kurangnya ketelitian siswa dalam menganalisis soal yang diberikan. Pada materi balok hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong tinggi karena sudah ada perbaikan pada materi lanjutan yaitu materi balok sehingga mengalami peningkatan. Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Metakognitif, Kubus Dan Balok.