ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PELUANG KEJADIAN MAJEMUK

Main Author: VITARANI PASO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411411138/analisis-kesulitan-belajar-siswa-dalam-menyelesaikan-soal-cerita-pada-materi-peluang-kejadian-majemuk.html
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas XII SMK Negeri 1 Suwawa dalam memahami materi peluang kejadian majemuk yang diukur melalui indikator kesulitan belajar siswa. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes kesulitan belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata persentase capaian kemampuan siswa pada materi peluang kejadian majemuk menurut indikator kesulitan belajar yaitu pada indikator belajar fakta sebesar 51,36%, indikator belajar konsep sebesar 66,59%, indikator belajar prinsip sebesar 60,91%, dan indikator belajar operasi sebesar 59,08%. Kesulitan siswa kelas XII SMK Negeri 1 Suwawa yang diukur melalui indikator kesulitan belajar siswa sangat beragam dan belum maksimal sehingga perlu metode dan strategi untuk mengurangi kesulitan yang dialami siswa. Kata Kunci: Deskripsi, Kesulitan Belajar Siswa, Peluang Kejadian Majemuk