Identifikasi Miskonsepsi siswa pada materi bilangan bulat menggunakan Certainty of Response Index (CRI)

Main Author: FEBIYANTI R HASAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Of
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411411132/identifikasi-miskonsepsi-siswa-pada-materi-bilangan-bulat-menggunakan-certainty-of-response-index-cri.html
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMP kelas VII pada materi bilangan bulat menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah miskonsepsi siswa pada materi bilangan bulat. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII(A) yang berjumlah 29 orang siswa. Data dalam penelitian ini terdiri dari data tes siswa pada materi bilangan bulat dan data wawancara siswa Analisis data menggunakn metode analisis kualitatif model Miles dan Suherman yang terdiri dari tiga alur yang terjadi secara bersamaan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian (display) data, serta (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil analisis menunjukan bahwa terjadi miskonsepsi siswa pada bilangan bulat. Hasil ini ditunjukan dengan hasil tes siswa yang disertai Certainty of response index (CRI) dan hasil wawancara siswa yang mengalami miskonsepsi. Kata kunci : Miskonsepsi, Certainty of response Index (CRI), Bilangan Bulat.