ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 LIMBOTO

Main Author: MEYLAN S. MAI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
Smp
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411411106/analisis-kesalahan-siswa-dalam-menyelesaikan-soal-soal-matematika-pada-materi-sistem-koordinat-kelas-viii-di-smp-negeri-2-limboto.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Meylan S. Mai, 2015. "Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada materi Sistem Koordinat Kelas VIII di SMP NEGERI 2 Limboto". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Drs. Abas Kaluku, M.Si, (2) Drs. Franky A. Oroh, M.Si Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi sistem koordinat di kelas VIII5 SMP Negeri 2 Limboto, tahun ajaran 2014/2015. Soal yang diberikan sebanyak 7 (tujuh) soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Setelah dianalisis kemudian dilakukan wawancara. Wawancara dilakukan untuk menjaring informasi lebih mendalam tentang kesalahan siswa pada materi sistem koordinat, dengan mengambil 6 (enam) orang sebagai subjek penelitian. Penelitian ini ditinjau dari objek langsung, yaitu: (a) Fakta, Konsep, Prinsip dan Operasi . Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan peresentase kesalahan yang dilakukan siswa pada kesalahan fakta yaitu kesalahan terhadap sumbu X sebesar (21,74%), terhadap sumbu Y sebesar (26,08%) dan terhadap titik sembarang sebesar (43,47%). Kesalahan pada aspek konsep yaitu kesalahan terhadap sumbu X sebesar (21,74%), kesalahan konsep terhadap sumbu Y sebesar (21,74%), kesalahan konsep terhadap titik O(0,0) sebesar (15,22%), kesalahan konsep terhadap titik sembarang sebesar (63,76%). Kesalahan pada aspek prinsip terhadap titik O(0,0) sebesar (21,73%), dan kesalahan prinsip terhadap titik sembarang atau titik yang lain sebesar(71,01%). Kesalahan pada aspek operasi sebesar (65,21%). Kata Kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Sistem Koordinat.