Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Campuran Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat
Main Author: | AMIR POMALO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411411084/analisis-kesalahan-siswa-dalam-menyelesaikan-soal-soal-operasi-campuran-pada-materi-operasi-hitung-bilangan-bulat.html |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi campuran bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suwawa, pada tahun ajaran 2014/2015 kelas VII-3 dengan jumlah siswa 19 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi campuran pada materi operasi hitung bilangan bulat dengan memberikan tes. Selain itu juga dilakukan wawancara langsung kepada subjek yang diteliti untuk memperkuat data-data yang diperoleh selain tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yaitu rduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari data yang diperoleh berdasarkan analisis jawaban siswa dan wawancara menunjukan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa adalah kurang menguasai konsep dan kesalahan dalam melakukan operasi. Adapun presentase kesalahan yang dilakukan adalah: Kesalahan konsep sebesar 15,65 %, kesalahan operasi sebesar 25,87 % dan kesalahan dalam menggunakan notasi 0 %. Dari presentase kesalahan tersebut dapat dilihat bahwa kesalahan yang banyak dilakukan siswa adalah kesalahan operasi. Kata kunci: analisis kesalahan, soal-soal operasi hitung bilangan bulat.