PERANAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA (SUATU PENELITIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TELAGA)
Main Author: | AJENG NILASARI SUBIANTORO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411411015/peranan-pendidikan-karakter-dalam-meningkatkan-kecerdasan-emosional-siswa-suatu-penelitian-pada-pembelajaran-matematika-di-kelas-vii-smp-negeri-1-telaga.html |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pendidikan karakter dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis survey yang menggunakan teknik korelasional. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang diteliti yaitu pendidikan karakter (X) dan kecerdasan emosional (Y). Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga yang tersebar di delapan kelas, dengan sampel sebanyak 30 orang siswa (Siswa Kelas VII-3) dimana pengambilan sampel dilakukan pengundian pada 8 kelas tersebut. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas : (1) angket untuk mengumpulkan data kecerdasan emosional siswa, (2) lembar penilaian pendidikan karakter. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi korleasi sederhana. Analisis ini digunakan untuk menyelidiki seberapa besar peranan pendidikan karakter (X) dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa (Y). Dari hasil Penelitian diperoleh bahwa pendidikan karakter berkontribusi cukup terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa, yang ditunjukkan dengan nilai (r_xy) sebesar 0,49 serta nilai koefisien determinasinya (r_xy)^2 sebesar 0,2401 atau 24,01% . Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kecerdasan Emosional