Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Boliyohuto
Main Author: | RUSTAM NUR R. S. RIFAI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411411002/pengaruh-model-pembelajaran-reciprocal-teaching-terhadap-hasil-belajar-matematika-siswa-smp-negeri-1-boliyohuto.html |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu kenyataan yang ditemukan bahwa masih rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP pada kubus dan balok. Hal ini disebabkan oleh kurangnya aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal dengan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri1 Boliyohuto T.P 2015/2016, dari semua kelas yang ada maka diambil 2 sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen atau dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi kubus dan balok. Langkah awal yang dilakukan dalam menguji hipotesis adalah melakukan pengujian normalitas data. Pengujian normalitas data menggunakan uji liliefors dengan taraf signifikan = 0.05 dan dk= k-1. Hasil pengujian ditemukan bahwa Lhitung < Ldaftar yang berarti data berdistribusi normal. Setelah didapat data berdistribusi normal maka langkah selanjutnya pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan = 0.05 dan dk= n1 + n2 -2. Dari perhitungan ditemukan bahwa thitung > ttabel yang berarti hipotesis penelitian yang diajukan tidak diterima atau ditolak. Hal ini berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan Hasil Belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi kubus dan balok.