PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TOLANGOHULA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: SUNARTI S. NTUNA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411410100/pengaruh-model-problem-based-learning-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-materi-operasi-aljabar-di-kelas-viii-smp-negeri-1-tolangohula-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SUNARTI S. NTUNA. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Hamzah B. Uno, M.Pd; (II) Dra. Kartin Usman, M.Pd Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika yang dibelajarkan dengan prolem Based Learning dan model pembelajaran Langsung, Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Gorup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tolangohula Tahun Pelajaran 2014/2015 dan Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik cluster simple random sampling. Data yang terkait dianalisis dengan Uji t Idependen. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem Based Learning lebih tinggi daripada model pembelajaran Langsung. Kata Kunci: Problem Based Learning, Matematika, dan Hasil Belajar