PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Main Author: SISKAWATI MAGA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Dua
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411410098/pengaruh-penggunaan-model-pembelajaran-student-teams-achievement-divison-stad-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-materi-sistem-persamaan-linear-dua-variabel.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SISKAWATI MAGA. 2015: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Studi eksperimen di SMA Negeri 4 Gorontalo Utara). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. Abas Kaluku, M. Si; (2) Drs. Majid, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo Utara, yang tersebar diempat kelas dengan jumlah total 130 orang. Dari semua kelas yang ada diambil dua kelas secara Cluster Simple Random Sampling sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X IIS-3 dan Kelas X IIS-1 sebagai kelas kontrol. Hipotesis penelitian ini adalah Terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar siswa Matematika khususnya materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions unggul dalam mengajarkan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kata Kunci : Student Teams Achievement Divisions, Matematika, Hasil Belajar