Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)

Main Author: SANDI LASABUDA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Dua
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411410073/hubungan-kecerdasan-emosional-siswa-dengan-kemampuan-pemecahan-masalah-matematis-siswa-pada-mata-pelajaran-matematika-materi-sistem-persamaan-linier-dua-variabel-spldv.html
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan teknik korelasional. Berdasarkan jenisnya, ada dua variabel yang diteliti, yaitu kecerdasan emosional siswa sebagai variabel (X) dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebagai variabel (Y). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Limboto tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 308 orang dan tersebar di 10 kelas. Adapun sampel yang digunakan sejumlah 20 orang siswa kelas X 7 TKJ, dimana pengundian sampel dilakukan secara acak pada 10 kelas. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah : (1) angket, yang digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan emosional siswa dan (2) tes, yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kedua instrument di atas telah diuji validitas dan reliabilitasnya melalui uji statistik. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Analisis ini dilakukan guna untuk menyelidiki hubungan antara kecerdasan emosional (X) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (Y). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional siswa (X) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (Y), yang ditunjukan oleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,673, dan pengaruh yang cukup berarti antara kecerdasan emosional siswa (X) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (Y) yang ditunjukan oleh koefisien detreminan (r2) sebesar 0,4535 menunjukan 45,35 %, artinya 45,35 % kontribusi tingkat kecerdasan emosional siswa terhadap kemapuan pemecahan maslah matematis siswa melalui persamaan regresi (Y )=-35,599+1,28X. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.