Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Matematika
Main Author: | NUR SAFITRI SUUD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411410045/pengaruh-penerapan-model-pembelajaran-open-ended-terhadap-kemampuan-berpikir-kreatif-siswa-pada-mata-pelajaran-matematika.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nur Safitri Suud. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp N 7 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd (II) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si, M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Open-Ended dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posstest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 gorontalo tahun Pelajaran 2013/2014 dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik cluster simple random sampling. Data yang terkait dianalisis dengan Uji t Independen. Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Open-Ended lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Open-Ended, Matematika, dan Berpikir Kreatif