Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Main Author: NUR SAFITRI SUUD
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411410045/pengaruh-penerapan-model-pembelajaran-open-ended-terhadap-kemampuan-berpikir-kreatif-siswa-pada-mata-pelajaran-matematika.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nur Safitri Suud. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp N 7 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd (II) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si, M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Open-Ended dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posstest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 gorontalo tahun Pelajaran 2013/2014 dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik cluster simple random sampling. Data yang terkait dianalisis dengan Uji t Independen. Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Open-Ended lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Open-Ended, Matematika, dan Berpikir Kreatif