Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Telaga Pada Materi Barisan dan Deret Bilangan

Main Author: AHMADI SIMBALA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Sma
1
Dan
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411409099/pengaruh-pendekatan-saintifik-terhadap-hasil-belajar-siswa-sma-negeri-1-telaga-pada-materi-barisan-dan-deret-bilangan.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ahmadi Simbala. Nim 411409099. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Telaga pada Materi Barisan dan Deret Bilangan. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing I Drs. Yamin Ismail, M.Pd dan Pembimbing II Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan expositori. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 1 Telaga pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik claster simple random sampling. Dari sampel yang terpilih, kelas X IPA 2 dijadikan sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan expositori. Hipotesis penelitian dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan expositori. Pengukuran hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar yang berbentuk essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat butir dan reliabilitas instrumen. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Dari perhitungan, diperoleh nilai t hitung sebesar 4,75. Dari tabel daftar distribusi t diperoleh t(0,95) (58) = 1,68. Dengan membandingkan harga thitung dan ttabel maka diperoleh thitung > ttabel. Artinya thitung berada didaerah penolakan H0. Dengan demikian H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan expositori. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Saintifik