Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Garis Singgung Lingkaran

Main Author: NATASANDI TOLINGGI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411409087/deskripsi-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-pada-materi-garis-singgung-lingkaran.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Natasandi Tolinggi, 2013. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Garis Singgung Lingkaran (Suatu Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo pada materi garis singgung lingkaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontao pada materi garis singgung lingkaran pada indikator mengenal masalah, ditemukan siswa yang mampu mengenal masalah masalah adalah siswa yang memiliki kemampuan tinggi dan sedang, Sedangkan siswa yang kurang mampu mengenal masalah adalah siswa yang memiliki kemampuan rendah. Pada indikator menemukan cara untuk menangani masalah, diperoleh siswa yang mampu menemukan cara untuk menangani masalah adalah siswa yang memiliki kemampuan tinggi dan sedang. sedangkan siswa yang kurang mampu menemukan cara untuk menangani masalah adalah siswa yang memiliki kemampuan rendah. Pada indikator menganalisis, diperoleh siswa yang mampu menganalisis adalah siswa yang memiliki kemampuan tinggi dan sedang, sedangkan siswa yang kurang mampu menganalisis adalah siswa yang memiliki kemampuan rendah. Pada indikator menarik kesimpulan, diperoleh siswa yang mampu menarik kesimpulan adalah siswa yang memiliki kemampuan tinggi, Siswa yang kurang mampu menarik kesimpulan adalah siswa yang memiliki kemampuan sedang dan siswa yang tidak mampu menarik kesimpulan adalah siswa yang memiliki kemampuan rendah. Kata kunci : Kemampuan Bepikir Kritis, Berpikir Kritis