Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Kalkulus 2 Melalui Media E-Learning

Main Author: FINGKA NTOBUO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411409085/meningkatkan-kemandirian-belajar-mahasiswa-pada-perkuliahan-kalkulus-2-melalui-media-e-learning.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KALKULUS 2 MELALUI MEDIA E-LEARNING Oleh FingkaNtobuo 411409085 ABSTRAK Penelitian ini Bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa pada pembelajaran kalkulus 2 melalui media E-learning yang berdampak pada hasil belajar mahasiswa.Pada perkuliahan kalkulus 2 pada mahasiswa masih kurang mandiri. Bertolak dari kenyataan inilah maka penelitian ini dilaksanakan, dengan upaya untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa pada proses perkuliahan kalkulus 2 sehingga berdampak pada prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas B angkatan 2012/2013 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 34 mahasiswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan enam kali pertemuan siklus I dan empat kali pertemuan siklus II. Rancangan penelitian tindakan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Data diperoleh dariobservasi, angket, tes dan catatan lapangan.Validitas penelitian yang digunakan adalah validitas demokrasi, validasi proses, danvalidasidialogik. Reliabilitasdilakukandengancaradiskusitemansejawat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif .hasil penelitian ini adalah E-Learning sebagai media dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa pada perkuliahan kalkulus 2. Hal ini di tandai dengan peningkatan hasil persentase angket respon mahasiswa dan prestasi yang diperoleh mahasiswa siklus I dalam kepercayaan diri mahasiswa sebesar 62,13% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,05%, motivasi belajar sebesar 65,99% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi79,77%, kedisiplinan mahasiswa mempunyai persentase 66,36%mengalami peningkatan pada siklus II menjadi78,67%,inisiatif mahasiswa sebesar 60,29%mengalami peningkatan pada siklus II menjadi83,08%, dan tanggungjawab mahasiswa mempunyai persentase 64,15% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi82,53%. Kemandirian belajar mahasiswa dapat meningkatkan prestasi belajar yaitu dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pretest sebesar 54.11.pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 71,61, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 83,23.