Deskripsi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Suwawa

Main Author: ROSNAWATI SOLEMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411409081/deskripsi-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kepercayaan-diri-siswa-dalam-pembelajaran-matematika-di-sma-negeri-1-suwawa.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rosnawati Soleman. 2013. Faktor faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Suwawa. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Sumarno Ismail, M.Pd; dan Pembimbing II: Drs. Franky A. Oroh, M.Si. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian ini dimaksud untuk mengetahui bagaimana deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. dengan populasi seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 101 siswa, dijadikan sampel sebanyak 20% atau 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa pada indikator (1) memiliki latar belakang memperoleh 80,43%; indikator (2) memiliki pendidikan formal yang cukup memperoleh 68,98%; indikator (3) ketrampilan dan kemampuan bersosialisasi; indikator (4) mampu mengendalikan diri memperoleh 69,56%; indikator (5) memiliki pengetahuan yang cukup memperoleh 75,94%; indikator (6) memiliki mental dan fisik yang menunjang penampilan memperoleh 73,04%; indikator (7) optimis memperoleh 64,17%; dan indikator (8) bersikap dan berpikir positif memperoleh 81,30%. Kata Kunci: kepercayaan diri siswa