Deskripsi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Suwawa
Main Author: | ROSNAWATI SOLEMAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411409081/deskripsi-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kepercayaan-diri-siswa-dalam-pembelajaran-matematika-di-sma-negeri-1-suwawa.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rosnawati Soleman. 2013. Faktor faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Suwawa. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Sumarno Ismail, M.Pd; dan Pembimbing II: Drs. Franky A. Oroh, M.Si. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian ini dimaksud untuk mengetahui bagaimana deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. dengan populasi seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 101 siswa, dijadikan sampel sebanyak 20% atau 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa pada indikator (1) memiliki latar belakang memperoleh 80,43%; indikator (2) memiliki pendidikan formal yang cukup memperoleh 68,98%; indikator (3) ketrampilan dan kemampuan bersosialisasi; indikator (4) mampu mengendalikan diri memperoleh 69,56%; indikator (5) memiliki pengetahuan yang cukup memperoleh 75,94%; indikator (6) memiliki mental dan fisik yang menunjang penampilan memperoleh 73,04%; indikator (7) optimis memperoleh 64,17%; dan indikator (8) bersikap dan berpikir positif memperoleh 81,30%. Kata Kunci: kepercayaan diri siswa