ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN
Main Author: | MEYLAN INGRIANI OTAY |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411409063/analisis-kesalahan-siswa-dalam-menyelesaikan-soal-soal-pada-materi-garis-singgung-lingkaran.html |
Daftar Isi:
- MEYLAN INGRIANI OTAY. Nim 411 409 063 Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Garis Singgung Lingkaran. (Suatu penelitian di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo). Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika berada dibawah rata-rata, hal ini dapat dilihat dari hasil kerja siswa pada materi garis singgung lingkaran. Permasalahan yang dikaji adalah mengidentifikasi sumber dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran. Pengambilan data menggunakan instrumen tes yang berbentuk esay yang terdiri dari 4 butir soal, dilanjutkan dengan wawancara terhadap siswa dalam menjaring informasi yang lebih mendalam tentang sumber dan penyebab kesalahan siawa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran. Wawancara dilakukan pada 8 orang siswa dari 25 orang siswa yang akan diwawancara untuk dimintai keterangan yang mendalam terhadap hasil jawaban yang mereka kerjakan. Dimana pada setiap nomor soal diwakili 2 orang siswa yang jumlah soalnya sebanyak 4 nomor soal. Dari hasil tes dan wawancara, kesalahan siswa didapat bahwa siswa benar-benar terjadi kesalahan baik dari sumber kesalahan maupun penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal pada materi garis singgung lingkaran. Kesalahan ini disebabkan masih rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam penguasaan konsep dasar garis singgung lingkaran. Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Menyelesaikan Soal