PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo pada Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Prisma Tegak dan Limas)

Main Author: INDRIATI MADINA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Smp
3
Dan
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411409002/pengaruh-penggunaan-metode-pembelajaran-inkuiri-terhadap-kemampuan-pemecahan-masalah-matematikasuatu-penelitian-pada-siswa-kelas-viii-smp-negeri-3-gorontalo-pada-pokok-bahasan-luas-permukaan-dan-volume-prisma-tegak-dan-limas.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Indriati Madina, NIM. 411409002. Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Prisma Tegak Dan Limas). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan metode inkuiri lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan metode konvensional, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume prisma tegak dan limas. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 3 Gorontalo pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2012/2013 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Cluster Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, Kelas VIIIE menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang dalam pembelajarannya menggunakan metode inkuiri dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang dalam pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hi