Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok
Main Author: | NI MADE JUNIARI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411409001/deskripsi-kemampuan-pemecahan-masalah-matematika-siswa-pada-pokok-bahasan-luas-permukaan-dan-volume-kubus-dan-balok.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ni Made Juniari. 2013. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dumoga Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 117 orang siswa yang tersebar di 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel random. Dari populasi ini diambil 1 kelas secara acak. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes dan wawancara. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Analisis deskriptif dilakukan melalui tes dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada indikator memahami masalah dan merencanakan penyelesaian dikategorikan tinggi karena dari hasil tes siswa dapat menuliskan informasi yang terdapat pada soal dan menggunakan rumus dengan tepat, sedangkan untuk indikator menyelesaiakan masalah sesuai rencana dan menafsirkan solusinya dikategorikan masih rendah karena siswa tidak mampu merencanakan penyelesaian dengan tepat dan tidak mampu memberikan kesimpulan dari jawaban yang telah dikerjakan. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok.