PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA TEGAK DAN LIMAS (SUATU PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII MTs. BAHRUL ULUM BATUDAA PANTAI KABUPATEN GORONTALO)

Main Author: RISKA LABDULLA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Dan
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411408093/pengaruh-model-problem-based-learning-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-viii-pada-materi-luas-permukaan-dan-volume-prisma-tegak-dan-limas-suatu-penelitian-eksperimen-pada-siswa-kelas-viii-mts-bahrul-ulum-batudaa-pantai-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model problem based learning dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume prisma tegak dan limas. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Bahrul Ulum Batudaa Pantai Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 67 orang dan tersebar dalam 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIIIA terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing sedangkan kelas VIIIB sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan kontrol. Data hasil belajar kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata, dan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model problem based learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume prisma tegak dan limas. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika Materi Volume Prisma Tegak dan Limas