DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GORONTALO
Main Author: | MUNAWAR HALIL DAMA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411407076/deskripsi-kesulitan-belajar-siswa-dalam-menyelesaikan-soal-soal-matematika-kelas-vii-di-smp-negeri-2-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Munawar Halil Dama. 2015. "Deskripsi Kesulitan belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Kelas VII Di SMP Negeri 2 Gorontalo". Skripsi. S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. Franky A. Oroh, M.Si (2) Dr. Tedy Machmud, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menmgetahui kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo dalam memahami materi garis dan sudut yang di ukur melalui indikator kesulitan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata persentasi capaian hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo pada materi garis dan sudut menurut indikator kesulitan belajar siswa yaitu pada indikator belajar fakta adalah 60,02% yang berarti rata-rata kesulitan belajar siswa pada indikator ini adalah 39,98%, indikator belajar konsep adalah 59,1% yang berarti rata-rata kesulitan belajar siswa pada indikator ini adalah 40,9%., indikator belajar operasi adalah 50,13% yang berarti rata-rata kesulitan belajar siswa pada indikator ini adalah 49,87% dan indikator belajar prinsip adalah 43,86% yang berarti rata-rata kesulitan belajar siswa pada indikator ini adalah 49,87%. Kesulitan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo yang di ukur melaui indikator kesulitan belajar siswa sangat beragam dan belum begitu maksimal sehingga perlu metode dan strategi untuk meminimalisir kesulitan yang di alami oleh siswa. Kata Kunci : Kesulitan belajar siswa