MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL OPEN-ENDED DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 WONOSARI
Main Author: | FITRIAWATI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411407033/meningkatkan-hasil-belajar-matematika-siswa-pada-materi-persamaan-linier-dua-variabel-spldv-dengan-menggunakan-model-open-ended-di-kelas-viii-smp-negeri-3-wonosari.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK FITRIAWATI. NIM. 411 407 033. Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dengan Menggunakan Model Open-Ended Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I : Prof.Dr.Evi Hulukati,M.Pd dan Pembimbing II : Hj.Novianita Achmad,S.si,M.Si. Permasalahan penelitian ini adalah apakah pemahaman matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosari dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Open-Ended?.. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan model Open-Ended di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode penelitian tindakan kelas dengan maksud untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo melalui penggunaan model Open-Ended. Adapun teknik pengumpulan data dan observasi di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo melalui penggunaan model Open-Ended. Model pembelajaran Open-Ended merupakan pembelajaran pendekatan terbuka yang memberikan kebebasan individu untuk mengembangkan berbagai cara dan strategi pemecahan masalah sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa, teknik analisis data menggunakan persentase. Dari hasil pengamatan yang dilaksanakan sesudah dilakukan proses pembelajaran penelitian terlihat jelas adanya peningkatan pemahaman matematika siswa dimana pada pelaksanaan observasi awal terdapat 45%, siklus I terdapat 55%. Dan siklus II terdapat 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model Open-Ended dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa. Melihat keberhasilan dari pelaksanaan penelitian ini maka hipotesis yang menyatakan Dengan menggunakan model Open-Ended dalam pembelajaran maka pemahaman matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 3 Wonosari dapat ditingkatkan, dapat diterima.