PENGEMBANGAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS DI SEKOLAH DASAR
Main Author: | Irvin Novita Arifin |
---|---|
Other Authors: | Pedagogika |
Format: | Article |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Pendidikan
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/379/pengembangan_structure_exercise_methode__sem__dalam_meningkatkan_aktivitas_dan_hasil_belajar_sains_di_sekolah_dasar.html |
Daftar Isi:
- Pengembangan structure exercise methode (sem) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 80 Kota Tengah pada pokok bahasan gaya dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDB 80 Kota Tengah pada pokok bahasan gaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dalam pelaksanaannya dilakaukan daanalam dua siklus dengan proses kajian berdaur ulang yang terdiri dalam empat tahapaan yaitu, perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah ditunjukkan ditunjukkan dengan aktivitas belajar peserta didik yang pada siklus I hanya 61,25% meningkat menjadi 80,63% pada siklus II. Sedangkan jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 11 orang dan pada siklus II meningkat sebanyak 29 orang dan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus II mencapai 100% pada siklus II dengan demikian dapat dikatakan bahwa structure exercise methode (sem) merupakan salah satu alternatif metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains di sekolah dasar.