PENERAPAN MODEL PAKEM DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GAYA GESEKAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Main Author: | Irvin Novita Arifin |
---|---|
Other Authors: | Pedagogika |
Format: | Article |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Pendidikan
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/378/penerapan_model_pakem__dalam_meningkatkan_mutu_pelaksanaan_pembelajaran_gaya_gesekan_pada__peserta_didik_kelas_v__sekolah_dasar_laboratorium__universitas_negeri_gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAKEM) dalam Meningkatan Mutu Pelaksanaan Pembelajaran Gaya Gesekan pada Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAKEM) dalam meningkatkan mutu pelaksanaan pembelajaran gaya gesekan pada peserta didik kelas V sekolah dasar laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini meliputi kegiatan (1) penelitian pendahuluan, (2) perancangan pelatihan guru, dan (3) pelaksanaan tindakan penelitian kelas; diikuti dengan pengamatan, refleksi serta dilakukan dalam 2 siklus, yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, serta tes pada akhir pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dapat diterapkan dalam meningkatkan mutu pembelajaran gaya gesekan pada peserta didik kelas V sekolah dasar laboratorium Universitas Negeri Gorontalo.