PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA TERPADU WIRA BHAKTI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: MAGHFIRAH SAIDA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Dan
Xi
Sma
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/311413123/pembelajaran-menganalisis-struktur-dan-kebahasaan-teks-prosedur-dengan-menggunakan-metode-pembelajaran-discovery-learning-pada-siswa-kelas-xi-sma-terpadu-wira-bhakti-tahun-pelajaran-20172018.html
Daftar Isi:
  • Permasalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (a) proses pelaksanaan pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti Tahun Pelajaran 2017/2018, (b) hasil pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti Tahun Pelajaran 2017/2018. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan proses pelaksanaan dan hasil pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti Tahun Pelajaran 2017/2018 Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah seluruh informasi yang diperoleh dari hasil observasi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data yaitu melalui teknik observasi dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan cara, mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis, mendeskripsikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) proses pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode Discovery Learning pada siswa kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah metode pembelajaran Discovery Learning (b) keberhasilan pembelajaran dengan metode Discovery Learning pada struktur teks prosedur 86 % dan kebahasaan teks prosedur 76 %. Simpulan dari penelitian ini, proses pelaksanaan pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti dilaksanakan sudah sesuai dengan metode pembelajaran Discovery Learning, dan hasil pembelajaran menyatakan bahwa siswa sudah mampu menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode Discovery Learning. Kata-kata Kunci: pembelajaran, discovery learning, menganalisis, teks prosedur, hasil pembelajaran