Meningkatkan Kemampuan Menentukan Gagasan Utama Dalam Teks Melalui Metode Think Pair Share Peserta Didik Kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila

Main Author: ASNI IBRAHIM
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/311411187/meningkatkan-kemampuan-menentukan-gagasan-utama-dalam-teks-melalui-metode-think-pair-share-peserta-didik-kelas-vii5-smp-negeri-1-tilongkabila.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Asni Ibrahim. NIM. 311411187. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Gagasan Utama Dalam Teks Melalui Metode Think Pair Share Peserta Didik Kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj.Asna Ntelu, M.Hum. dan pembimbing II Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah metode think pair share dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila.. Metode penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila pada siklus I ternyata berdampak baik yakni dari 28 orang terdapat 18 orang (64%) yang mendapatkan nilai tuntas sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 10 orang (36%). Pada siklus II kemampuan peserta didik menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share mengalami peningkatan, peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas meningkat menjadi 25 orang (89%) sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 3 orang (11%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (a) Metode think pair share dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca pada peserta didik Kelas VII2 SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. (b) Pada siklus I kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila terdapat 18 orang (64%) yang mendapatkan nilai tuntas sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 10 orang (36%). (c) Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus II, kemampuan peserta didik menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila yang mendapatkan nilai tuntas meningkat menjadi 25 orang (89%) sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 3 orang (11%). Kata Kunci: Gagasan Utama, Metode Think Pair Share