Kemampuan Guru Menerapkan Metode Pemodelan dalam Pembelajaran Menyampaikan Penggumuman Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bonebolango

Main Author: YUNUS HUSAIN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Vii
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/311409049/kemampuan-guru-menerapkan-metode-pemodelan-dalam-pembelajaran-menyampaikan-penggumuman-pada-peserta-didik-kelas-vii-smp-negeri-1-tapa-kabupaten-bonebolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini mengangkat tiga permasalahan yaitu (1) bagaimanakah kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa ? (2) faktor-faktor apa yang mempengaruhi kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa ? (3) upaya apa yang dapat dilakukan untuk mendukung faktor penghambatyang mempengaruhi kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa ?. Tujuan Penelitian terdiri atas dua yakni tujuan umum mendeskripsikan kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Tujuan Khusus : (1) mendeskripsikan kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa, (3) mendeskripsikan upaya untuk mendukung faktor yang mempengaruhi kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan guru menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru menerapkan metode pemodelan deskriptif. Metode pemodelan dalam pembelajaran menyampaikan pengumuman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango dikategorikan berhasil. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan terhadap kegiatan guru dalam melaksanakan pembelajaran tahap 1 hasilnya membuktikan bahwa kategori baik 78.3%. Tahap 2 berada pada kategori kategori baik 83.3%. Kata kunci : Kemampuan, Metode Pemodelan, dan Pengumuman