pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: PRATIWI DAMAYANTI TALIKI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Dan
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/311409044/pembelajaran-membedakan-teks-eksposisi-dan-teks-laporan-observasi-pada-siswa-kelas-vii1-smp-negeri-1-tapa-kabupaten-bone-bolango-tahun-pelajaran-20142015.html
Daftar Isi:
  • Pratiwi D. Taliki. NIM 311409044. Pembelajaran Membedakan Teks Eksposisi dan Teks Laporan Observasi pada siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone bolango Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. Asna Ntelu, M.Hum, Pembimbing (2) Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) bagaimanakah penilaian yang digunakan pada pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2014/2015? (4) bagaimakah kendala dan upaya yangdilakukan oleh guru dalam pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rencana pelaksanakan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa, (3) mendeskripsikan penilaian yang digunakan dalam membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa, (4) mendeskripsikan kendala dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk pelaksanaan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif jenis kualitati. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sebagai saran dan implikasi dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru bahasa Indonesia kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango untuk dapat mengoptimalkan pembelajaran membedakan teks eksposisi dan teks laporan observasi, agar dengannya dapat memperkaya dan lebih meningkatkan pengetahuan siswa dalam membuat struktur teks eksposisi dan teks laporan observasi. Kata Kunci: Pembelajaran, Membedakan Teks, Eksposisi, dan Teks Laporan Observasi