Realitas Pendidikan Anak pada Komunitas Adat Terpencil (Studi Kasus pada Komunitas Adat terpencil di Desa Balate Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo )

Main Author: LAILA B. LAUNGA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
)
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/281411006/realitas-pendidikan-anak-pada-komunitas-adat-terpencilstudi-kasus-pada-komunitas-adat-terpencildi-desa-balate-kecamatan-paguyaman-kabupaten-boalemo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Launga, Laila B. 2015. "Realitas Pendidikan Anak pada Komunitas Adat Terpencil" di Desa Balate Balate Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di atas Bimbingan Dr. H. Rauf Hatu.,M.Si selaku pembimbing I, dan Sainudin Latare, S.Pd., M.Si. selaku pembimbing II. tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui Bagaimana Realitas Pendidikan Anak pada Komunitas Adat Terpencil, di Desa Balate Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Dengan menggunakan penelitian kualitatif untuk mendekatkan peneliti terhadap apa yang sebenarnya terjadi pada pendidikan anak di Komunitas Adat Terpencil. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pandangan masyarakat terpencil di Desa Balate akan pentingnya pendidikan masih sangat rendah, hal ini terlihat dari masih banyaknya yang tidak menempuh pendidikan dan putus sekolah. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya pendidikan masyarakat terpencil di Desa Balate Kecamatan Paguyaman yaitu (a) Kurangnya kesadaran dan pemahaman akan pentingnya pendidikan, (b) Faktor ekonomi,(c) Faktor lingkungan, (d) Faktor jarak antara rumah dan sekolah. Kata Kunci : Pendidikan, Komunitas Adat Terpencil ( KAT ).