Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bidang Studi Matematika Di Kelompok Belajar Paket B
Main Author: | Misran Rahman |
---|---|
Other Authors: | Mandiri |
Format: | MAKALAH |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/253/pembelajaran_dengan_peta_konsep_bidang_studi_matematika_di_kelompok_belajar_paket_b.html |
Daftar Isi:
- Bidang studi matematika merupakan salah satu bidang studi yang dianggap sulit dipahami warga belajar termasuk warga belajar Kejar paket B. Hal ini nampak pada hasil-hasil belajar warga belajar dalam bidang studi matematika yang cenderung pas-pasan bahkan kurang dari standar yang telah ditetapkan. Bukti lain adalah adanya Kriteria Ketuntasan Minimal terendah dari bidang studi lain. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman warga belajar dalam bidang studi matematika adalah dengan memperbaiki proses pembelajaran atau jika mungkin menggunakan strategi yang inovatif. Salah satu teknik pembelajaran yang dapat dikemukakan dalam tulisan ini adalah pembelajaran dengan peta konsep. Pembelajaran melalui peta konsep yang sifatnya penyederhanaan konsep serta hubungan-hubungannya, diharapkan akan mampu meningkatkan pemahaman warga belajar terhadap konsep yang dipelajari sehingga dengan sendirinya dapat meningkatkan prestasi belajar mereka dalam bidang studi matematika. Kata Kunci: Peta konsep, pembelajaran, konsep matematika.