MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI I TILAMUTA
Main Author: | NUR'AFNI AR.TUTUNA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/231414086/model-pembelajaran-problem-solvingdalam-meningkatkan-berpikir-kritis-siswa-pada-mata-pelajaran-sejarah-di-sma-negeri-i-tilamuta.html |
Daftar Isi:
- Nur'afni AR. Tutuna. 231414086, 2014. Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta melalui model pembelajaran Problem Solving. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dimana subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Tilamuta yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta melalui model pembelajaran Problem Solving dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan aktivitas guru dari 30 aspek yang diamati terdapat 90% dengan kriteria sangat baik dan 10% dengan kriteria baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa dari 30 aspek terdapat 46,67% dengan kriteria sangat baik dan 53,33% dengan kriteria baik. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pembelajaran Sejarah