Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Ips1 SMA NEGERI 1 MARISA Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: MERIYANTI MAHMUD
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Xi
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/231412039/efektivitas-pembelajaran-kooperatif-tipe-teams-games-tournament-tgt-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-sejarah-kelas-xi-ips1-sma-negeri-1-marisa-tahun-ajaran-20152016.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Meriyanti Mahmud. NIM. 231412039. "Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Ips1 di SMA Negeri 1 Marisa.."Dibimbing oleh Drs. H. Darwin Une, M.Pd (pembimbing 1) dan Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd (pembimbing 2). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas XI ( sebelas ) SMA Negeri 1Marisa 2015/2016. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 30 orang yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Alat pengumpulan data adalah lembar pengamatan dan lembar soal berjumlah 5 nomor pada setiap siklus. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa dari siklus I dan II. Demikian juga dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 72,5 %, siklus II sebesar 76 % pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan metode diskusi. Demikian hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa "jika model PembelajaranTipe teams games tournament diterapkan dalam pembelajaran sejarah, maka hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Marisa meningkat". Kata Kunci: Metode Tipe Teams Games Tournament , Hasil belajar siswa