UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CERAMAH DAN MEDIA POWER POINT PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (SUATU PENELITIAN DIKELAS VII SMP NEGERI 8 GORONTALO)
Main Author: | SUZIYANA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/231412037/upaya-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-metode-ceramah-dan-media-power-point-pada-mata-pelajaran-ips-terpadu-suatu-penelitian-dikelas-vii-smp-negeri-8-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK SUZIYANA, 2016.Nim 231412037. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Ceramah dan Media Power Point Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII3 SMP Negeri 8 Gorontalo". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Darwin Une M.Pd, dan Ibu Hj. Yusni Pakaya S.Pd,.M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan HasilBelajar Siswa Melalui Metode Ceramah dan Media Power PointPada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII3 di SMP Negeri8 Gorontalo. Metode yang digunakan data penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action Class Research) yang dilakukan dalam tahapan Perencanaan (Planning), Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan Reflecting (Reflection). Penelitian ini dilaksanakan dalam II (dua) siklus. Hasil penelitian menunjukan Hasil Belajar Siswa pada siklus I hanya 26,7% atau 8 siswa Tuntas, sementara 73,3% atau 22 siswa belum tuntas, dan Aktivitas Guru 5,8% kriteria sangat baik, 64,8% kriteria baik, 29,4% kriteria cukup. Pada siklus II Hasil Belajar Siswa mencapai 86,7% kriteria sangat baik, 23,5% kriteria baik.sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan metode ceramah dan media Power Point, maka Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di kelas VII3 SMP 8 Gorontalo dapat meninggkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Ceramah, Media Power Point