Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah ( Studi Eksperimen Di SMA Negeri 1 Kotabunan )

Main Author: SRI MEGAWATI PAPUTUNGAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Dan
Di
Sma
1
)
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/231410009/model-pembelajaran-snowball-throwing-dan-minat-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-sejarah-studi-eksperimen-di-sma-negeri-1-kotabunan.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sri Megawati Paputungan. Nim 231 410 009. Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Eksperimen Di SMA Negari 1 Kotabunan). Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan pembimbing II. Hj. Yusni Pakaya.,S,Pd.M,Pd Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan minat belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang menjadi sampel adalah siswa pada kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang dan kelas kontrol yang berjumlah 22 orang. Adapun teknik proposional random sampling, setelah penelitian dan data-data diperoleh maka data-data tersebut diolah secara statistik untuk melihat perbedaan minat belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan minat belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan kelas yang diajarkan dengan metode ceramah. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. berdasarkan perhitungan diperoleh thitung= 4,460 sesuai kriteria pengujian hipotesis terima H0 jika t (1-1/2 ) < t hitung > t ( 1-1/2 ) dengan taraf kepercayaan = 0,05 dk=n2 t tabel = 1,68 dengan demikian t hitung > t tabel telah berada diluar daerah penerimaan H0, atau menolak H0 dan menerima H1 sehingga dapat disimpulkan koefisien benar-benar signifikan. Dengan hasil penelitian terdapat perbedaan minat belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajran snowball throwing dan kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah Kata kunci : model pembelajaran snowball throwing dan minat belajar siswa