Efektivitas Pembelajarabn Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 1 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo (Studi Penelitian di SMAN 1 Boliyohuto)

Main Author: MEI MOPILI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/231408028/efektivitas-pembelajarabn-pengaruhnya-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-sejarah-di-sman-1-boliyohuto-kabupaten-gorontalo-studi-penelitian-di-sman-1-boliyohuto.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mei Mopili. Efektivitas Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (dibimbing oleh Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse, M.Pd dan Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd) Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah (1). Efektivitas pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa?, (2) Apakah efektifitas pembelajaran ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui efektivitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2). Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik melalui regresi dan uji korelasi lineer sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data, ditemukan hal-hal sebagai berikut: (1) Dalam penelitian ini Persamaan liner y = 48.92 + 0.41x yang berarti bahwa setiap terjadi perubahan ( penurunan atau peningkatan) pada faktor pendidikan sebesar satu unit, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata pada efektifitas pembelajaran dengan hasil belajar siswa sebesar 0,41X unit. (2) Hasil perhitungan koefisien determinasi bahwa harga r2 = 0,4489 yang berarti bahwa derajat pengaruh efektifitas pembelajaran (variabel X ) dengan hasil belajar siswa (variabel Y) sebesar 44.89 % dalam arti bahwa sebesar variansi yang terjadi pada variabvel Y dapat dijelaskan oleh variabel X. Kemudian sisa dari prosentase tersebut sebesar 35,11 %, bermakna bahwa efektivitas pembelajaran dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa di tentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak terdesain dalam penelitian ini.