PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Main Author: | Masri Kudrat Umar |
---|---|
Other Authors: | Reni Sahrain dan Dr. Masri Kudrat Umar |
Format: | Article |
Terbitan: |
Jurnal Fisika Edukasi Indonesia
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/228/pengaruh_pendekatan_pembelajaran_penemuan_terbimbing_dan_minat_belajar_siswa_terhadap_hasil_belajar_siswa.html |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Paguat Kab. Pohuwato Tahun tahun 2013. Populasi target penelitian adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel terdiri dari 4 kelas dan tiap kelas berjumlah antara 21 dan 22 orang. Penelitian menggunkan metode eksperimen desain 2 x 2. Hasil penelitian adalah; (1) hasil belajar fisika pada peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing kelompok lebih tinggi dari pada menggunakan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing individual, (2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing dan minat peserta didik terhadap hasil belajar fisika, (3) peserta didik yang memilki minat tinggi, hasil belajar fisika yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing kelompok lebih rendah dari pada pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing individual, dan (4) peserta didik yang memiliki minat rendah hasil belajar fisika yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing kelompok lebih tinggi dari pada pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing individual. Kata kunci: Penemuan Terbimbing, Minat, Dan Hasil Belajar