Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Instruksi Langsung Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas VIII3 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo

Main Author: IRMAWATI S. KAU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Dan
Di
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221414023/meningkatkatkan-hasil-belajar-siswa-dengan-menggunakan-model-pembelajaran-instruksi-langsung-pada-mata-pelajaran-pendidikan-pancasila-dan-kewarganegaraan-di-kelas-viii3-sekolah-menengah-pertama-negeri-1-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK IRMAWATI S. KAU, 2018. Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Instruksi Langsung Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas VIII3 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Pembimbing 1: Dr.Hj. ZulaechaNgiu, M.Pd, Pembimbing II: Rasid Yunus S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. UniversitasNegeri Gorontalo Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII3 SMP Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 1 siklus II pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi,tes dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dan analisis data yaitu menggunakan criteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75%. Berdasarkan KKM yang ditetapkan maka hasil penelitian yang diperoleh siklus 1 pertemuan 1 terdapat19 orang atau 63% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus 1 pertemuan II terdapat 25 orang atau 83% siswa yang nilai mencapai KKM dan sudah memenuhi criteria ketuntasan minimum yang ditetapkan. Hasil pengamatan kegiatan guru di dalam kelas pada siklus 1 pertemuan 1 dengan menerapkan model pembelajaran instruksi langsung menunjukan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran instruks ilangsung pada siklus 1 pertemuan 1 terdapat 16 atau 50% criteria penilain dan pertemuan II terdapat 31 atau 97%. Berdarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran instruks ilangsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VIII3 Sekolah Menengah PertamaNegeri 1 Gorontalo. Kata kunci: Hasil Belajar PPKn, Model instruksi langsung