Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Di Kelas X IPA-3 SMA Negeri 1 Telaga

Main Author: NINING TAHIR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Pkn
Di
X
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221414010/meningkatkan-pemahaman-siswa-dalam-mata-pelajaran-pkn-melalui-penerapan-model-pembelajaran-think-talk-write-di-kelas-x-ipa-3-sma-negeri-1-telaga.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK NINING, Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Di Kelas X IPA-3 SMA Negeri1 Telaga. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge SH.MH dan Pembimbing II Asmun W. Wantu S.Pd, M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write di kelas X IPA-3 SMA Negeri 1 Telaga. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA-3 tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Telaga. Kabupaten Gorontalo Kelas X IPA -3 terdiri dari 29 siswa, 12 putra dan 17 putri Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, serta refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ; 1) Model pembelajaran Think Talk Write adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran PKn karena bisa meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas X IPA-3 SMA Negeri I Telaga Kabupaten Gorontalo, 2) Tingkat pemahaman siswa yang dilihat dari hasil ulangan harian siswa mengalami peningkatan dibandingkan pada pertemuan I. Hasil belajar yang diperoleh dari pertemuan I sebesar 55.17% meningkat menjadi 93.01% pertemuan ke III, 3) Hipotesis penelitian yang mengatakan, terdapat hasil pemahaman belajar siswa yang meningkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dapat diterima Kata Kunci : Model Pembelajaran TTW dan Pemahaman Siswa