Meningkatkan aktivitas Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui model jigsaw di Kelas XI-I Sekolah Menengah Atas Negeri 1 pinogaluman

Main Author: ABDUL RAZAK MOHA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Dan
Di
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221413086/meningkatkan-aktivitas-belajar-siswa-dalam-mata-pelajaran-pendidikan-pancasila-dan-kewarganegaraan-melalui-model-jigsaw-di-kelas-xi-i-sekolah-menengah-atas-negeri-1-pinogaluman.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK ABDUL RAZAK MOHA, 2018. Meningkatkan aktivitas Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalu model jiksaw di Kelas XI-I Sekolah Menengah Atas Negeri 1pinogaluman. Skripsi. Pembimbing I :Dr.Hj Zulaecha Ngiu,M.Pd. Pembimbing II :Dr.Hj Lucyana Djaafar.M,pa Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI-I Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pinogaluman, Kecamatan bolaang mongondow utara .Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan disekolah menengah atas dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pkn dengan model pembelajaran JIGSAW di kelas XI-I Sekolah Menengah Atas Negeri 1 pinogaluman, kabupaten bolaang mongondow utara . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran JIGSAW .Penelitian ini telah dilaksanakan dalam satu siklus selama dua kali pertemuan.Subjek penelitian adalah kelas XI-I yang berjumlah 20 orang terdiri dari laki-laki 9 orang siswa dan perempuan 11 orang siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan pertama yaitu keaktivan belajar siswa mencapai 7 orang,35%dan pada pertemuan kedua Nampak bahwa secara keseluruan peserta didik sangat aktif 17 orang meningkat menjadi 85.00%. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan demikian jelaslah bahwa pengunaan model pembelajaran Jiksaw maka aktivitas belajar siswa dari siklus I pertemuan pertama dan siklus I pertemuan kedua mengalami peningkatan. berdasarkan uraian di atas maka hipotesis tindakan melalui penggunaan model pembelajaran jiksaw dalam proses belajar mengajar mata pelajaran pkn di kelas XI-I IPS SMA Negeri I Pinogaluman dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Kata Kunci : aktivitas belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Jigsaw.