PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIIIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BOLANGITANG TIMUR

Main Author: RITA VAN GOBEL
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
And
Di
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221413059/penerapan-metode-giving-question-and-getting-answer-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pendidikan-kewarganegaraan-di-kelas-viiia-sekolah-menengah-pertama-negeri-1-bolangitang-timur.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rita Van Gobel (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bolangitang Timur. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Hj. Maisara Sunge, SH.,MH selaku dosen pembimbing I dan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bolangitang Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran giving question and getting answer pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bolangitang Timur. Dari hasil Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dengan menggunakan metode pembelajaran giving question and getting answer. Dengan jumlah siswa 23 orang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki, dan perempuan 12 orang, pada siklus I, hasil evaluasi belajar siswa yang memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal 75 atau tuntas adalah 10 siswa atau 43,47%. Sedangkan untuk siklus II, dengan jumlah siswa 23 orang, terdiri dari laki-laki 11 orang dan perempuan 12 orang, hasil evaluasi belajar siswa yang memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal 75 atau tuntas adalah 20 siswa atau 86,95%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan metode pembelajaran giving question and getting answer telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Giving Question and Getting Answer